Indonesian English
Home » Tentang Shorinji Kempo
Kamis, 23 November 2017

Apa itu Shorinji Kempo ?

Apa yang dimaksud Shorinji Kempo

shorinji kempoShorinji Kempo, didirikan di Jepang oleh So Doshin pada tahun 1947 dan So Doshin mencetuskan ide prinsip ajaran "tindakan membangun kepribadian".

Sambil memupuk jiwa dan raga, saling menolong dengan orang lain, mengajarkan kebahagiaan menjalani hidup, merasakan pertumbuhan diri sendiri, menikmati peningkatan penguasaan jurus bersama kawan, kemudian "sistem pendidikan" yang mengoherensikan ajaran dan jurus sehingga menimbulkan efek sinergi. Manusia memiliki kemampuan terpendam sejak lahir. Shorinji  Kempo meyakini adanya kemampuan itu, dan ingin mendidik orang agar ingin terus maju dan orang yang bisa bekerjasama dengan orang lain untuk membangun masyarakat yang makmur.

 

Motivasi dan Tujuan Shorinji Kempo

Berdasarkan pengalaman pribadi, yaitu melihat kondisi kerusakan setelah perang, pendiri Shorinji Kempo yakni So Doshin, berkesimpulan bahwa arah kelompok atau masyarakat ditentukan oleh kualitas pemimpin. Kemudian beliau mendefinisikan bahwa seorang pemimpin haruslah percaya diri, berani, membela kebenaran yang dibarengi dengan kemampuan bertindak.

Pemikiran So Doshin secara keseluruhan yakni akan pentingnya memupuk banyak pemimpin yang benar melalui konsep 'membangun kepribadian' diperlukan dalam mewujudkan masyarakat yang damai dan makmur. So Doshin menunjukkan jalan bagi pemuda yang kehilangan harapan setelah kekalahan perang masa itu sambil mengajarkan jurus yang efektif untuk melatih kekuatan tubuh. Melalui pelatihannya ini So Doshin mulai mendidik pribadi yang berguna bagi masyarakat. Pribadi yang bisa merasakan kemampuan-kemampuan yang dimilikinya. Pribadi yang menggabungkan rasa percaya diri, berani dan mampu bertindak.

 

Manfaat Latihan Shorinji Kempo

Hasrat dan manfaat yang didapatkan dengan mempelajari ilmu beladiri kempo antara lain :
1. Untuk beladiri
2. Membentuk kekuatan fisik dan mental
3. Olahraga supaya sehat dan kuat
4. Untuk dapat menguasai diri
5. Meraih prestasi.


Tingkatan dalam Shorinji Kempo


Dalam Shorinji Kempo terdapat dua tingkatan yaitu tingkat Kyu-Kenshi (KYU) dan Yudansha (DAN) :
• Tingkat Kyu-Kenshi : Kyu - V s/d Kyu - I
• Tingkat Yudansha   : I - DAN s/d IX - DAN

Profil Perkemi

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Data Kenshi

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Komunitas

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Alamat Perkemi

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Advertisement

geokuliner memetakan lidah