Indonesian English
Home » Berita » Ratusan Kenshi Jabar Ikuti Gashuku di Cianjur
Kamis, 23 November 2017

Ratusan Kenshi Jabar Ikuti Gashuku di Cianjur

Cianjur - Sebanyak 179 kenshi berasal dari 13 daerah Se-Jawa Barat dan DKI Jakarta mengikuti kegiatan Gashuku di PPPPTK Pertanian / Vedca Cianjur, Jl. Raya Jangari Km. 14, Desa Sukajadi, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur. Gashuku Provinsi Jawa Barat yang pertama tahun 2015 ini berlangsung Sabtu-Minggu (21-22/03), juga dilakukan ujian kenaikan tingkat dari level Kyukenshi sampai Yudansha (1-Dan).

Pembukaan Gashuku dihadiri Wakil Bupati Kab. Cianjur dr. H. Suranto, MM, Ketua Umum KONI Kab. Cianjur Donny M. Istibandono, SH, Komandan Batalyon Raider 300 Mayor (Inf) Dody Trio Hadi, Danyon Armed 5/105 Letkol. ARM. Imam Haryadi, S.Ip., dan perwakilan Kapolres Cianjur Kabagren Kompol Supriadi. Selain itu hadir pula para sensei dari PB Perkemi antara lain sensei Henry Soselisa (VII-DAN), sensei Hans J. Pohan (VII-DAN), sensei Ferryanto Aboejono Martoredjo, SE. (VI-DAN), dan sensei Wartoyo (VI-DAN), serta Ketua Umum Perkemi Pengprov Jawa Barat senpai dr. Subekti N. Kartasasmita. Sebelumnya para tamu undangan disambut panpel dengan tarian adat sunda dan Kilengser dari penari Cianjur.

Dalam sambutannya, senpai Subekti mengatakan, melalui UKT dan Gashuku maka perkembangan kenshi di beberapa daerah di Jawa Barat dapat terpantau. Ratusan kenshi akan mendapat bimbingan dari para guru mengenai teknik dan filosofi kempo yang baik dan benar. “Nantinya, agar bisa menjadi atlet andal tetapi berjiwa sportif. Tentunya, ini dilakukan secara kontinyu guna mencari bibit unggul para kenshi yang dapat meningkatkan potensi dan kualitasnya masing-masing,” tuturnya.

Senpai Subekti menambahkan, kegiatan Gashuku ini menjadi program kerja Perkemi Pengurus Jabar yang pertama di 2015. Ia berharap, para kenshi yang ada di Jawa Barat tidak hanya diuji dalam kemampuan penguasaan teknik kempo saja melainkan untuk praktek dalam ujian tertulis. “Sehingga, nantinya untuk penguasaan lebih seragam dan tidak sepotong-sepotong. Karena, perkembangan teknik dan jurus Kempo sangat dinamis dan terus berkembang saat ini. Maka itu, mari kita tingkatkan dan berkarya dalam Perkemi, tetap kompak dan solid jaga kebersamaan serta silaturahmi baik antara sesama para kenshi,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum KONI Kab. Cianjur, Donny M. Istibandono, yang didampingi penasehat Perkemi Cabang Cianjur Sri Wahono mengatakan, KONI akan tetap mendukung dan mendorong dalam hal kegiatan positif. Apalagi, menyangkut seni beladiri olahraga yang harus dijaga dan dilestarikan sebaik mungkin. “Kami tentunya akan selalu mendukung dan support dengan kegiatan Perkemi Jabar yang digelar ini. Mari kita terus tingkatkan kebersamaan dan tetap jaga silaturahmi,” ungkapnya.

Menurut pantauan kontributor perkemi-kotabogor.or.id, kegiatan Gashuku berjalan dengan tertib, aman dan lancar sampai acara ditutup pada Minggu (22/03) pukul 13.45 oleh Wakil Ketua Umum Perkemi Jawa Barat senpai R. Panji Riaulizaq. Ketua Panpel yang asal Cianjur, A. Rahman Hidayat, mengatakan peserta ujian menuju Kyu IV, III, II, I dan I-Dan ini dihadiri 122 kenshi dan gashuku sebanyak 57 kenshi. Jumlah peserta ujian seharusnya lebih banyak namun yang bisa hadir hanya 66%, banyak yang berhalangan karena alasan kegiatan dan persiapan ujian sekolah. Dijelaskan lebih lanjut, 15 tim penguji berasal dari kenshi senior Jawa Barat mulai dari tingkatan III-Dan sampai dengan V-Dan, ditambah 4 pelatih utama sensei dari PB Perkemi. Dari seluruh peserta ujian, ada 2 yang belum berhasil lulus yaitu peserta menuju 1-Dan.

Kegiatan gashuku kali ini bisa dikatakan Gashuku plus “wisata” yang menyegarkan, didukung suasana lokasi yang asri dan udara yang sejuk di lingkungan PPPPTK Pertanian/Vedca, tidak begitu tampak rasa lelah dari para peserta walau harus menempuh kegiatan UKT-Gashuku yang berat. Selain itu ada yang berbeda dari gashuku sebelumnya, pada ujian teori para peserta UKT dipadukan dengan permainan games ala outbound yang sengaja didatangkan panpel dari Sukabumi. Pada malam sebelum kegiatan berakhir disuguhkan pula hiburan nyanyi bersama artis lokal untuk mengisi acara malam persaudaraan. (MTS)



 

Komentar Anda


Security code
Refresh

Profil Perkemi

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Data Kenshi

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Komunitas

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Alamat Perkemi

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com