Indonesian English
Home » Berita » Guna Tingkatkan Kualitas Pelatih & Pengurus Dojo, Perkemi Kota Bogor Gelar 2 Penataran
Sabtu, 20 Januari 2018

Guna Tingkatkan Kualitas Pelatih & Pengurus Dojo, Perkemi Kota Bogor Gelar 2 Penataran

Bogor - Kualitas dan pengetahuan para pelatih dan pengurus dojo Shorinji Kempo di Kota Bogor ternyata masih kurang, hal itu tersirat pada saat digelar Penataran Pelatih Dojo dan OMA ke-II yang diselenggarakan oleh Persaudaraan Beladiri Kempo Indonesia (PERKEMI) Kota Bogor  secara maraton pada tanggal 18 dan 24 Desember 2011 di SEAMEO BIOTROP, Jl. Raya Tajur Km.6, Bogor.

Ketua Umum PERKEMI Kota Bogor, JM Hanggoro pada sambutan penataran pelatih dojo (18/12) mengatakan, kegiatan tersebut merupakan Program Kerja PERKEMI Kota Bogor tahun 2011 dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kualitas para pelatih dojo sesuai dengan program pembinaan yang terukur dan sesuai IPTEK khususnya tentang cara melatih fisik seorang calon atlet.

"Dalam penataran ini akan diberikan pengetahuan tentang cara melatih fisik yang benar sesuai kondisi calon atlet di dojo masing-masing, selain itu akan diberikan cara membuat program latihan yang baik dan terukur sesuai target yang telah ditentukan" ujarnya kepada redaksi perkemikotabogor.or.id. Pada kesempatan terpisah, pada acara penataran Organisasi, Manejemen dan Organisasi (24/12), JM Hanggoro mengatakan penataran OMA ditujukan untuk membekali para pengurus dojo tentang cara manajemen dan pengurusan administrasi yang benar sesuai aturan yang berlaku, sehingga pengdo dapat lebih mandiri dalam mengurus administrasi dojo khususnya tentang pengajuan anggota baru dan ujian kenaikan tingkat.

Acara penataran pelatih dojo sendiri dibuka secara resmi oleh Rudolf Imam Santoso, SH (Wakil Ketua Umum I KONI Kota Bogor) mewakili Ketua Umum KONI Kota Bogor yang berhalangan hadir. Dalam sambutannya Rudolf memberikan apresiasi yang tak henti-hentinya memuji kinerja pengurus PERKEMI Kota Bogor yang tiap tahun tiada absen selalu menyelenggarakan program-program positif bagi anggotanya. Rudolf juga menambahkan, salut dan bangga atas prestasi dan kedisiplinan yang dijunjung tinggi oleh anggota Perkemi Kota Bogor.

Pada waktu terpisah, acara penataran OMA ke-II sendiri dibuka secara resmi oleh Drs. Maman Suherman (Ketua Binpres KONI Kota Bogor) mewakili Ketua Umum KONI yang berhalangan hadir pada saat itu. Dalam awal sambutannya, Maman sangat terkejut dan sekaliggus bangga setelah melihat buku OMA PERKEMI yang isinya sangat lengkap dan tidak dimiliki cabor lain. Selain itu Maman memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kepengurusan dan kepanitiaan Perkemi Kota Bogor yang selalu memberikan warna, bahkan menurutnya cabor lain dan mungkin KONI patut belajar dari Kempo. "Prestasi terakhir yang diraih pada PORDA XI di Bandung sampai saat ini tidak membuat Perkemi Kota Bogor sombong dan terlena, malah menjadi pemicu untuk terus meningkatkan prestasinya" tambahnya dengan penuh semangat.

Kegiatan penataran pelatih dojo yang dihadiri 32 peserta dari 6 dojo perwakilan diisi oleh Lili Kurniadi (KONI Kota Bogor) sebagai narasumber tunggal. Lili pada kesempatan itu fokus membahas tata cara melatih fisik yang baik dan benar sesuai kondisi calon atlet yang cukup beragam.  Penjelasan dan praktek langsung pelatihan fisik baik yang digelar di dalam maupun  luar ruang penataran mampu memberikan pembekalan yang langsung diserap oleh para peserta. Selain itu Lili menjelaskan tentang cara membuat program latihan yang terarah dan terukur sesuai timing target yang telah ditentukan. Pasca penataran peserta dari dojo kempo masing-masing diberikan tugas untuk membuat program latihan untuk dojo masing-masing dan hasilnya diharapkan dapat diaplikasikan langsung mulai pertengahan Januari 2012 serta akan dipantau oleh Lili dan pewakilan pengurus Perkemi Kota Bogor.

Pada kegiatan penataran OMA yang dihadiri 38 peserta dari 7 dojo, PERKEMI Kota Bogor menghadirkan narasumber dari intern Perkemi, antara lain ; JM Hanggoro yang memaparkan tentang aturan-aturan Organisasi sesuai TODA yang baru, Aries Baryoto dan M Taufik Saleh yang mengajarkan tentang pemahaman implementasi aplikasi pengajuan anggota baru dan tata cara pengajuan untuk Ujian Kenaikan Tingkat. Dalam penataran ini, dilakukan berbagai simulasi mulai dari pengisian form aplikasi dan cara pendistribusiannya. Berdasarkan simulasi tersebut terungkap, nyatanya masih ada beberapa pengurus dojo yang belum paham tentang cara pengajuan anggota baru (NIK) dan UKT yang benar dan lengkap.

Tanggapan hasil penataran menurut peserta cukup bermanfaat, apalagi bagi pengurus dojo baru yang baru dilantik. Yusuf, salah satu peserta dari Pengdo Sukasari menuturkan, organisasi di perkemi dapat menjadi bekal dirinya untuk berorganisasi di sekolahnya. Selain itu salah satu peserta dari Pengdo GOR Pajajaran memberikan kesan dan pesan bahwa kegiatan penataran sangat bermanfaat dan tidak mudah menjalankan roda organisasi tanpa pelatihan.

Kedua acara kegiatan penataran tersebut seluruhnya ditutup secara resmi oleh Ketua Umum Perkemi Kota Bogor, JM. Hanggoro (18/12 dan 24/12). Dalam sambutan penutupannya, Hanggoro berpesan agar hasil penataran tersebut dapat langsung diterapkan di Dojo masing-masing, sehingga dojo dapat lebih mandiri dan sudah tidak terlalu bergantung lagi kepada pengurus cabang.





Kegiatan Penataran Pelatih Dojo ke-II







Kegiatan Penataran Organisasi, Manajemen dan Administrasi Dojo ke-II


Komentar  

 
0 #1 Bravo Shorinji KempoChandra 2012-01-25 15:16
Bravo Perkemi Kota Bogor tingkatkan terus kualitas manajerial dan teknik latihan, insyaalloh memberikan prestise dan prestasi terbaik bagi masyarakat kota Bogor.
Tautan
 

Komentar Anda


Security code
Refresh