iden

Insan Kempo Kota Bogor Lepas Sempai Chandra Menuju Vietnam

BOGOR - Para pengurus PERKEMI dan insan kempo Kota Bogor melepas Arief Chandra Setiawan (IV-DAN) dan partnernya Bernard Laisina (IV-DAN) sebagai duta pelatih kempo di Vietnam yang rencananya akan berangkat Minggu (13/3/2011), dalam suasana yang semarak, kekeluargaan, hujan pujian dan penuh pesan moril.  Situasi itu tergambarkan pada acara ramah tamah dan pelepasan kedua kenshi terbaik yang dapat disebut sebagai “pahlawan kempo” tersebut, digelar oleh Pengurus PERKEMI Kota Bogor pada Sabtu (12/3/2011) pukul 19:00 di Café S-one, Jl. Salak No. 1, Bogor.

Acara 'pelepasan' yang dipandu langsung oleh Sempai Hanggoro yang sekaligus Ketua Umum PERKEMI Kota Bogor, diisi dengan berbagai acara antara lain paparan sambutan, kesan dan pesan dari kedua duta pelatih, para senior dan sesepuh kempo Kota Bogor, iringan do’a bersama, makan-makan, dan acara puncak nyanyi bersama.

Sempai Chandra dalam sambutan pertamanya, memaparkan maksud dan tujuan utama keberangkatannya ke Vietnam bukanlah hanya melatih Tim Kempo Vietnam menjelang Sea Games, namun tugas lebih berat yang telah menanti antara lain membentuk federasi organisasi kempo Vietnam agar dapat lolos mengikuti Sea Games mendatang. Disamping itu masih harus melakukan demonstrasi kempo di negara tetangga lainnya seperti Laos, Kamboja dan  Thailand. Mengakhiri sambutannya, Sempai Chandra menuturkan pesan bagi pengurus Kota Bogor tentang perlu perbaikan tentang sistem tatacara melatih yang baik didepan kohai, dan perlunya mempertahankan eksistensi Dojo yang sedang dan mulai berkembang.

Pada kesempatan berikutnya, Sempai Bernard (yang asal dari Perkemi Jawa Timur) dalam sambutannya juga menuturkan bahwa kempo Kota Bogor merupakan salah satu cabang yang telah cukup mumpuni dalam permainan Embu (Kerapihan Teknik) dengan teknik enam komposisinya. Sempai yang senang bicara ceplas-ceplos ini juga bahkan berani menilai ‘barometer embu’ di Indonesia saat ini masih dipegang Jawa Barat yang kontribusinya tidak terlepas dari kempo Kota Bogor. Selain itu memberikan penilaian bahwa PERKEMI Kota Bogor sangat solid dan kompak sehingga eksistensinya perlu dipertahankan dan bila perlu ditingkatkan.

Acara yang penuh ramah tamah dan guyon tersebut juga tak luput dihadiri tamu kehormatan yaitu Sensei Wartoyo dan Bpk Rudolf Imam Santoso (Dewan Kehormatan dan mantan Ketua Umum PERKEMI Kota Bogor periode 2005-2009).

Sensei Wartoyo yang sekarang pemegang sabuk V-DAN dan salah satu anggota Dewan Guru PB PERKEMI tersebut dalam paparannya mengemukakan bahwa, ditugaskannya kedua pelatih ke Vietnam merupakan tugas mulia dan kesempatan yang sangat baik serta langka bagi seorang kenshi, penunjukan tersebut sudah berdasarkan pertimbangan dan penilaian matang yang bukan hanya dari segi teknis saja tetapi juga non-teknis. Menjadi duta pelatih di luar negeri tersebut dapat dikatakan sebagai “Pahlawan Kempo” karena telah rela berkorban mendedikasikan waktu dan tenaganya demi pengembangan kempo. Tugas di Vietnam pun dinilai cukup berat karena harus dapat meyakinkan para pejabat/pengurus setingkat KONI disana yang rata-rata berasal dari cabang beladiri lain. Target utama kedua pelatih tersebut yang tak kalah penting menyangkut tim kempo Vietnam adalah membentuk tim embu dan randori dalam waktu relatif singkat, jika tim ini terbentuk maka kuota Sea Games dapat terpenuhi dan secara tidak langsung diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi tim kempo Indonesia yang telah mentargetkan 7 emas (6 dari embu dan 1 dari randori).

Wejangan dan pesan moril  yang tak kalah menariknya bagi insan Kempo Kota Bogor dan duta pelatih khususnya disampaikan Bpk Rudolf, beliau berpendapat bahwa dalam persaudaraan Kempo ini terdapat nilai-nilai kehidupan luhur/agung yang jarang ditemukan di organisasi olahraga lain, seperti rasa persaudaraan dan saling menghormati, yang tanpa disadari dapat menjadi pondasi bagi eksistensi kempo Kota Bogor yang solid dan yakin tidak akan pernah pudar. Beliau mengharapkan kesolidan PERKEMI Kota Bogor ini dapat terus dipertahankan dan bahkan dapat menjadi barometer bagi Perkemi Kota/Kab lainnya yang ada di Tanah Air. Bpk Rudolf juga berpesan kepada kedua pelatih bahwa kebanggaan tersebut jangan membuat terbuai yang akan membuat tidak sebanding dengan pengorbanannya. Nilai-nilai kehidupan kempo yang sudah membentuk karakter pelatih diharapkan dapat diturunkan kepada kenshi di Vietnam nanti, sehingga mengamalkan kempo disana harus lebih dari sekedar mengajarkan skill teknik kempo saja, ujarnya.

Dipenghujung acara ditutup dengan pembacaan doa penutup yang dipimpin oleh Sempai Isaka Alamsyah Kahlan khususnya untuk meminta keselamatan dan kelancaran para duta pelatih dalam menjalankan tugas, dan dilanjutkan dengan makan malam, ramah tamah dan sajian lagu-lagu yang dibawakan oleh para senior Kempo Kota Bogor secara bergiliran.

Selamat jalan dan bertugas para pahlawan kempo, semoga tetap jaya Shorinji Kempo dimanapun berada..

 

Perkemi Cabang Kota Bogor

PERSAUDARAAN SHORINJI KEMPO INDONESIA
( INDONESIA SHORINJI KEMPO FEDERATION )

Sekretariat

Informasi lebih lanjut dapat hubungi :

 
+62 0817-0770-596, +62 852-1900-4405
 
perkemikotabogor[at]gmail.com
 
d/a. Dojo Eksekutif Tomoe Gozen, Jl. Pajajaran No. 21, Bantar Jati, Kota Bogor - 16153.

Rekening

PERKEMI Kota Bogor :

BANK JABAR KCP Tajur
No. Rek : 0013974111100
Atas Nama : Perkemi Kota Bogor

Perkemi Provinsi Jawa Barat :

BANK BRI
No. Rek : 0337-01-001245-30-9
Atas Nama : Perkemi Provinsi Jawa Barat

Member

Premium Joomla Templates