Indonesian English
Home » Berita » Berita Dojo-dojo » Kempo Pelajaran Wajib di SMA Kosgoro Bogor & Pertama di Indonesia
Selasa, 23 Januari 2018

Kempo Pelajaran Wajib di SMA Kosgoro Bogor & Pertama di Indonesia

dojo sma kosgoroPada hari Sabtu, 31 Agustus 2013, pukul 10.20 s.d. 11.50 (jam pelajaran ke 5 dan ke 6), bertempat di Aula SMA Kosgoro Bogor, sekitar 80 siswa/i telah mengikuti pelajaran Kempo perdana sebagai salah satu jenis pilihan pelajaran wajib Beladiri & Pramuka di SMA Kosgoro Bogor. Pelajaran Kempo perdana ini dipimpin langsung oleh senpai Sirojul Munir Sofyan (IV Dan) yang juga Ketua Majelis Sabuk Hitam PERKEMI Kota Bogor, dan didampingi oleh senpai Aries Baryoto (III Dan) pelatih utama SMA Kosgoro, dan dibantu oleh Team Pelatih PERKEMI Kota Bogor.

Pelajaran kempo ini berawal dari gagasan Bp. Ir. Mohammad Singgih, M.Eng.Sc, salah salah satu Dewan Pembina Yayasan Dharma Setia Kosgoro (YDSK) yang juga salah satu Kenshi Alumni DIY yang pernah menjadi Ketua Pengda DIY dan mebawa nama harum Provinsi DIY pada tahun 1977 s.d. 1978.

“SMA Kosgoro sebagai sekolah yang berwawasan kebangsaaan memerlukan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai yang mengutamakan budi pekerti luhur, kepejuangan, kejujuran, kedisiplin yang tinggi, didalam keseimbangan jasmani/fisik dan moral/mental bagi segenap keluarga besar SMA Kosgoro, terutama para siswanya yang berpredikat pembangun dan pemilik masa depan bangsa. Pelajaran Kempo di SMA Kosgoro adalah salah satu sarana, karena didalam ajaran Beladiri Kempo ditanamkan rasa disiplin yang tinggi serta rasa persaudaraan sesama Kenshi (pemain Kempo)” demikian ungkap Bp. Ir. Mohammad Singgih, M.Eng.Sc disela-sela rapat persiapan pelaksaaan Pelajaran wajib Kempo di SMA Kosgoro yang dihadiri oleh Kepala Sekolah Bp. Drs. Tri Atmojo, M.Pd.

Gagasan yang disambut baik oleh Kepala Sekolah SMA Kosgoro ini ditindaklanjuti dengan mewajibkan siswa/i nya mulai tahun ajaran 2013/14 kelas 10 untuk mengikuti pelajaran Kempo, disamping ada pilihan wajib pelajaran bela diri lain seperti Pencak Silat, Karate, Taekwondo serta pelajaran Pramuka. Harapan lain dari Kepala Sekolah dengan adanya pelajaran wajib Beladiri & Pramuka ini adalah sebagai upaya menghindari tawuran antar pelajar dan menjadi siswa/i yang berprestasi dalam membawa nama harum SMA Kosgoro Kota Bogor, baik pada tingkat lokal maupun nasional.

Dengan pelatih utama SMA Kosgoro Kota Bogor Aries Baryoto, yang telah memulai kegiatan Beladiri Kempo di Kosgoro sejak tahun 2007 dan pernah mengantar peraihan prestasi di tingkat Nasional pada Kejuaraan Kempo Antar Pelajar se Indonesia di Kota Tangerang pada tahun 2012 sebagai predikat Juara Umum ke-2 kategori tingkat SMP, harapannya adalah semoga prestasi ini dapat dipertahankan dan dapat memberikan kontribusi Atlet di kota Bogor melalui jalur Prestasi (Japres) yang sedang digalakan oleh Dinas Pendidikan. (AB)

Komentar Anda


Security code
Refresh